Sunday, April 11, 2010

Pengembangan Potensi Pariwisata Karangasem

2 komentar

2.2 Potensi & Pengembangan Pariwisata Karangasem
2.2.1 Definisi Potensi

Potensi adalah kesanggupan, daya. kemampuan untuk lebih berkembang (Kamus Umum Bahasa Indonesia).

2.2.2 Pengembangan Kawasan Candidasa

Sesuai Perda No 8 Tahun 2003, yakni penetapan Kawasan Pariwisata Candidasa yang membentang dari Pantai Bias Tugel ( Desa Padang Bai ) ke arah Timur sampai Pantai Jasri Kelod, sepanjang 24 km dengan kedalaman 1 km dari garis pantai. Luas efektif Kawasan Pariwisata Candidasa adalah 2400 Ha. Potensi investasi di wilayah ini adalah Pantai Padang Bai, Pantai Buitan - Sengkidu, Pantai Candidasa, Pantai Pasir Putih Jasri.

Salah satu potensi yang ada di Kawasan Pariwisata Candidasa adalah pengembangan Pantai Bias Putih. Pantai Bias Putih adalah salah suatu pantai yang merupakan teluk di antara dua perbukitan kecil yang memiliki pasir berwama putih. Pantai yang berkombinasi dengan kawasan perbukitan ini merupakan wilayah antara dua desa yaitu Desa Pertima dan Desa Bugbug Kecamatan Karangasem, merupakan pangkalan jukung - jukung (Perahu tradisional) nelayan masyarakat setempat.

Dalam perkembangannya pantai Bias Putih telah dikunjungi banyak wisatawan mancanegara yang datang hanya sekadar menikmati keindahan alam sambil berjemur di tepi pantai ataupun berjalan-jalan di sepanjang pantai.Areal pantai Bias Putih dengan wilayah pengembangannya memiliki tofografi yang sangat spesifik, di sebelah utara, barat dan selatan pantai dengan pasir putih itu merupakan daerah perbukitan, sehingga Pantai Bias Putih seolah merupakan sebuah teluk perbukitan yang memberikan suasana kehidupan yang tenang dan nyaman bagi penghuni lingkungan ini.

download document lengkap  Pengembangan Potensi Pariwisata Karangasem

Related Post:

2 komentar:

Post a Comment

"DO FOLLOW" plugin installed, comment on this site and improve your pagerank