Wednesday, April 21, 2010

Leisure & Recreation at " Bali Museum "

3 komentar
2.1 SEJARAH MUSEUM BALI
Museum ini didirikan beberapa tahun setelah kerajaan Badung diduduki Belanda yaitu tahun 1910 atas prakarsa dan dorongan Residen Belanda bernama W.F.I.Kroon yang dalam pengembangannya dibantu oleh arsitek Jerman yaitu Curt Griindler dan beberapa undagi (ahli seni bangunan tradisional Bali) diantaranya I Gusti Ketut Gede Kandel, I Gusti Ketut Rai, dan I Gusti Alit Ngurah yang desainnya merupakan perpaduan antara seni bangunan pura dan puri yang merupakan tempat tinggal kaum ningrat. Selesai pembangunannya tahun 1929 dan secara resmi dibuka tanggal 8 Desember 1932.
Para sarjana Barat yang ikut membantu membangun museum ini adalah Dr.W.F.Stuterhein, Dr.R.Goris, Walter Spies dan Dr.TH.A.Resink. Museum Bali merupakan museum tertua di Bali dan merupakan pemicu kehadiran museum-museum lainnya. Berdasarkan atas koleksinya, jenis museum ini termasuk museum ethnografi koleksinya meliputi benda-benda budaya perlengkapan hidup dan perlengkapan upacara adat / agama masyarakat Bali dari sejak dulu sampai sekarang. Kebudayaan Bali memiliki karakter unik yang dilandasi oleh perkembangan sejarah, agama dan aspek lainnya. Strukturnya terdiri dari beberapa unsur budaya yaitu unsur Bali asli (Bali Kuno) dengan agama Budha dan Hindu yang telah luluh menjadi satu membentuk kebudayaan Bali sekarang.

2.2 PEMANFAATAN SEBAGAI AREAL LEISURE
    Sebelum mengetahui pemanfaatan Museum Bali sebagai areal leisure, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui lokasi dari Museum Bali itu sendiri. Museum Bali terletak dipusat kota Denpasar, di sebelah timur lapangan puputan Badung. Bentuk bangunannya memanjang dari utara ke selatan yang terbagi menjadi dua bagian. Bagian utara merupakan komplek bangunan lama yang direncanakan dan dibangun pada tahun 1910 dengan fungsi penyelenggararan pameran tetap. Bagian selatan merupakan komplek bangunan baru yang dibangun tahun 1969.
Pemanfaatan Museum Bali sebagai areal untuk menghabiskan waktu luang tentu saja bisa  kita lihat dari fungsi museum itu sendiri yang merupakan suatu tempat dimana peninggalan sejarah dari masyarakat Bali pada jaman dahulu disimpan sehingga dengan berkunjung ke Museum bali tidak hanya untuk menghabiskan waktu luang, namun dengan berkunjung kesini dan melihat berbagai koleksi benda-benda sejarah kita bisa mengetahui kebudayaan Bali dan sejarah dari masyarakat Bali. Dari peninggaan benda purbakala ini, pengunjung dapat mengetahui bahwa di Pulau Bali,


Download doc lengkap  Leisure & Recreation at " Bali Museum "

Related Post:

3 komentar:

Post a Comment

"DO FOLLOW" plugin installed, comment on this site and improve your pagerank