Sunday, June 27, 2010

Sejarah dan Fasilitas Ayodya Resort Bali

5 komentar
Sejarah Singkat Ayodya Resort Baliayodya resort pool
  Tanggal 3 Maret 1991, PT. Benegati Betegak meresmikan hotel Hilton di Nusa Dua, Bali dan merupakan hotel Hilton ketiga di Indonesia, selain di Jakarta dan di Surabaya. Hotel yang bernama Bali Hilton International Hotel merupakan hotel berbintang lima, yang diresmikan oleh mantan Presiden Indonesia ke 2, Bapak Soeharto. Pembangunan Bali Hilton International Hotel, dimulai pada tanggal 17 Februari 1987 dengan mengerahkan sebanyak 2000 tenaga lokal, dan dilakukan selama 3 tahun. Bali Hilton International Hotel merupakan hotel ke 150 dari hotel cabang Hilton International dan hotel ke 19 di Asia Pasifik. Bali Hilton dikelola oleh roomHilton Hotels Corporation dengan sistem franchise.
Bali Hilton International Hotel yang berada di daerah Nusa Dua, sebelah selatan pulau Bali, berdiri pada Bukit Peninsula dan merupakan kawasan Bali yang paling berkembang oleh turis. Daratan yang indah, pasir putih, dan pemandangan Gunung Agung, serta koral dari Samudra Indonesia, menjadi keunggulan tersendiri dari kawasan Nusa Dua. Bali Hilton International Hotel memiliki luas sebesar 11,5 hektar, dan tepat berseberangan dengan Bali Golf and Country Club. Tepatnya di jalan Pantai Mengiat, PO. Box 46, Nusa Dua (80363), Bali. Bali Hilton International Hotel berjarak 12 km dari bandara Ngurah Rai International Airport yang dapat ditempuh dengan 15 menit dengan menggunakan mobil. Dan berjarak 30 km dari pusat kota, atau 35 menit menggunakan mobil. Pada tanggal 1 September 2006 Bali Hilton International Hotel melakukan perubahan nama/ rebranding menjadi Ayodya Resort Bali yang kini dimiliki, dan dikelola oleh Singgasana Hotels & Resort. Singgasana Hotels & Resort sendiri, merupakan sebuah perusahaan pengembangan properti dan pengelolaan perhotelan nasional. Singgasana Hotels & Resort hingga kini mengelola delapan properti kelas atas Indonesia, yaitu:

  1. The Sultan Hotel Jakarta

  2. Singgasana Hotel Makasar

  3. Singgasana Hotel Surabaya

  4. Lombok Golf Kosaido

  5. The Executive Club Jakarta

  6. The Residence

  7. Jakarta Convention Center (JCC)

  8. Ayodya Resort Bali
Ayodya Resort Bali berada di kawasan Bali Tourism Development Center atau yang biasa disingkat dengan kawasan BTDC, yaitu areal kumpulan hotel- hotel berbintang di Nusa Dua Bali. Dalam area BTDC ini terdapat hotel- hotel berbintang lainnya seperti Melia Bali Villa and Spa Resort, Nusa Dua Beach Hotel and Spa, Laguna Resort and Spa Nusa Dua Bali, Bale Bali Hotel, serta Amanusa Resort.
Konsep Ayodya Resort Bali adalah menyediakan pengalaman bagi para tamu untuk menjalani kehidupan layaknya orang Bali yang tidaka pernah ditemukan di negara asalnya. Konsep ini diwujudkan dengan memberikan atrakasi seni dan budaya Bali yang sangat beragam itu melalui semua pelayanan kepada para tamu yang bertema Bali, serta semua bentuk fasilitas hotel yang meliputi lobi berukuran besar dan luas dengan ciri khas arsitektur Bali yang bertema cerita Ramayana, kolam renang yang berukuran besar, beberapa ruangan pertemuan berukuran besar, lapanagn tennis indoor, pusast kebugarn dan spa, saran olha raga air dan berbagai faslitas lainnya ynag bertaraf internasional.
Fasilitas Kamar Ayodya Resort :
Ayodya Resort Bali memiliki 600 kamar untuk disewakan kepada tamu, yang terdiri dari beberapa tipe yaitu :
1. Deluxe Room : Kamar seluas 48 meter persegi yang merupakan kamar standar dari Ayodya Resort Bali dengan pilihan garden view atau ocean view.
2. Grande Room : Kamar seluas 56 meter persegi, dengan dekorasi yang elegan, lantai teak parquet, memiliki fasilitas akses internet broadband, televisi layar datar sebesar 25 inci, dengan pilihan garden view atau ocean view. Tersedia 62 set interconnecting room.
3. Ayodya Honeymoon : Kamar seluas 56 atau 79 meter persegi dengan four poster bed, dua buah daybed dan mebel di beranda serta bathtub untuk berdua.
4. Ayodya Suite : Ayodya suite memiliki beberapa tipe kamar dengan fasilitas yang berbeda- beda, antara lain:

  • Mandavi Suite

  • Bharata Suite

  • Rama Shinta Suite

  • Kausalya Suite

  • Dasaratha Suite
5. Ayodya Palace Room : Kamar seluas 56 meter persegi dengan fasilitas mewah, shower cabinet terpisah, dengan pilihan garden view atau ocean view.
Ayodya Palace, merupakan produk baru yang telah direncanakan dalam dua tahun sebelum proses rebranding dilakukan. Salah satu produk unggulan Ayodya Resort Bali ini, menghabiskan dana sekitar 3 miliar USD. Proses pembagunan dimulai sejak Oktober Ayodya Palace merupakan produk modern yang ditujukan bagi para honeymooners, serta para eksekutif maupun pejabat pemerintahan yang mengutamakan dan peduli pada nilai eksklusifitas. Adanya koneksi internet tanpa kabel yang disebut juga dengan Wi-Fi, dapat menunjang aktifitas para eksekutif yang membutuhkan jaringan informasi cepat dan terpadu.
Ada beberapa keuntungan lebih bagi para tamu yang menginap di Ayodya Palace yang tidak diperoleh tamu yang menginap di deluxe dan grande room,

  1. Tamu diijinkan untuk bersantai di Ayodya Palace Lounge dengan berbagai fasilitas yaitu :

  2. kolam renang khusus tamu Ayodya Palace

  3. gratis sarapan jam 7.00-11.00, afternoon tea jam 15.00-17.00, evening

  4. cocktails and canapes jam 18.30-22.00, dan soft drink, teh serta kopi setiap saat.

  5. Gratis meminjam CD dan DVD.

  6. Ayodya Spa khusus tamu Ayodya Palace.

  7. Shuttle Service dari lobi Ayodya Palace menuju lobi utama dan sebaliknya.

  8. Mendapat pelayanan Ayodya Palace Butler.
Setiap kamar di Ayodya Resort Bali memiliki fasilitas yang berbeda-beda menurut tipe kamar masing-masing. Ada beberapa fasilitas yang terdapat di semua kamar, yaitu:

  1. Pengatur suhu

  2. Kamar mandi dengan bathtub dan shower

  3. Telepon internasional

  4. Musik in-house

  5. telivisi kabel dan film

  6. mini bar

  7. pengering rambut, shaver outlet

  8. beranda

  9. kunci elektronik

  10. fasilitas untuk membuat teh dan kopi.
Selain hal tersebut di atas, terdapat perbedaan nama kamar, luas ruangan, fasilitas yang disediakan, permainan interior, tata letak furnitur, serta harga yang ditawarkan untuk masing- masing kamar tersebut
Fasilitas Hotel Lainnya :
Ayodya Resort Bali memiliki fasilitas-fasilitas lainnya yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan tamu, antara lain:
1. Guest Service Facilities : Guest Service Facilities Ayodya Resort Bali tidak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh Bali Hilton International Hotel.Beberapa hal di bawah ini merupakan fasilitas yang disediakan untuk dapat menunjang kegiatan tamu, yaitu:restoran

  • In-house guest clinic

  • House Doctor on Call

  • Dentist on call

  • Disable rooms

  • Wheelchairs

  • Concierge

  • Packing Service

  • Non-smoking rooms

  • Limousine and Car Rental

  • Mail & Postages Facilities

  • Shopping arcades

  • Luggage Store Room

  • Safety Deposit Box

  • Pillow (non-allergic)

  • 24 hour Room Service
2. Business Centre : Memiliki fasilitas lengkap antara lain faksimili, printer, jasa sekretaris, fotokopi, komputer, akses internet dengan tarif Rp. 15.000/ 15 menit. Dan yang terakhir adalah penambahan yang dilakukan pasca rebranding yaitu adanya fasilitas intepreter, untuk masalah komunikasi dan bahasa asing. Jam operasional antara jam 09:00 hingga 17:00 WITA.
3. Meetings and Function Room : Mempunyai total 13 ruangan baik untuk rapat maupun function. Yang membedakan adalah kapasitas tamu yang dapat ditampung. Total keseluruhan tamu yang dapat ditampung adalah sebesar 2500 orang.
4. Housekeeping and Laundry  : Beroperasi dari jam 06:00 hingga 00:00 WITA. Berbagai layanan diberikan seperti regular laundry, dry cleaning, express laundry, dan pressing. Untuk Housekeeping and Laundry tidak ada yang berubah pasca rebranding.
5. Recreation Facilities  : Meliputi kegiatan olah raga dan leisure bagi tamu antara lain:

  • Outdoor Swimming Pool

  • Indoor tennis court

  • Squash court

  • 18-hole golf course, adjacent to hotel

  • Fitness center: gym yang dilengkapi dengan AC, aerobics, sauna, dan whirlpool

  • The Spa dengan paket-paket massage, body treatment. Dalam sebuah taman dengan 4 treatment suites dan 7 treatment rooms.

  • Jogging track dan 300 meter of beachfront

  • Watersports seperti: surfing, snorkeling, wind surfing, water skiing, diving.
  • Mini golf
6. Guest Shop : Menyediakan berbagai kebutuhan para tamu, seperti Hilton souvenir shop & drugstore, arts & handicraft shops, travel agencies, hairdresser & beauty salon, apparel and boutiques, shopping arcade, spa shop. Beberapa toko tersebut di atas mulai beroperasi mulai pukul 09:00 hingga 20:00 WITA. Khusus untuk Hilton souvenir shop & drugstore, beroperasi dari jam 07:00 hingga pukul 23:00 WITA.
7. Special Service : Dalam menyambut peluang bisnis dan wisatawan dari Jepang, Bali Hilton International Hotel meluncurkan first-ever customer-led service brand design yaitu WaNo Kutsorogi yang berarti kenyamanan dan pelayanan dengan cara Jepang. Logo dari pelayanan ini adalah bentuk dari crane, the tsuru, dan lambang dari Jepang yang mewakili elemen kebebasan, keberuntungan, dan kebahagiaan. Fasilitas pelayanan yang ditawarkan di WaNo Kutsorogi antara lain adalah staf yang dapat berbicara bahasa jepang aktif, bahan-bahan yang ditulis dengan menggunakan bahasa Jepang, green tea khas Jepang, yukata, sandal Jepang, dan Japanese Newspaper.
8. Food and Bevarage Facilities : Meliputi berbagai macam restoran yang menawarkan aneka ragam hidangan baik citarasa nasional maupun internasional. Semua fasilitas Food & Beverages tidak mengalami perubahan secara signifikan, namun ada beberapa peningkatan dari segi fasilitas, seperti tatanan audio visual baru, penambahan patung, pahatan dan ukiran khas Bali. Ayodya Resort Bali lebih menekankan peningkatan kualitas pelayanan. Khususnya aplikasi Ayodya Royal Service, yaitu setiap tamu dilayani dengan penuh perhatian, ramah tamah, dengan sentuhan adat istiadat budaya Bali. Khusus untuk F&B Department, Ayodya Resort Bali mengaplikasikan Ayodya Cuisine.

Related Post:

5 komentar:

Post a Comment

"DO FOLLOW" plugin installed, comment on this site and improve your pagerank